Selasa, 14 Agustus 2012

Cuit-cuit Liburan: Berdamai dengan KIR


Sebagai salah satu syarat kelulusan di MAN Insan Cendekia Gorontalo adalah membuat KIR. Akhir September nanti, kami presentasi..

Wow... Sesuatu!

Bikin KIR itu rada-rada susah gimana gituu.. Susah, soalnya mesti nyari-nyari waktu buat wawancara atau ambil data. Kalau yang penelitiannya di luar madrasah, harus ngurus perijinan dan surat pengantar segala. Lebih ribet lagi.

Kalau saya, alhamdulillah penelitiannya di dalam. Tapi tetep aja susah. Mesti nyuri-nyuri waktu juga. Soalnya subjek penelitian saya juga punya kesibukan sendiri.



Enaknya KIR adalah kita jadi inget kalau bentar lagi lulus :) Dan kita juga jadi belajar buat nanti di perguruan tinggi bikin skripsi. Ya setidaknya, kita sudah punya dasar :)

Saya tahu, kalau dikeluhin mulu, itu KIR teuteup aja gak selesai-selesai. Maka yang saya lakukan adalah berdamai dengan KIR :)

Saya udah punya data. Tinggal mengubahnya ke dalam bentuk karya ilmiah. Dan ternyata susah.

Saya menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara. Itu artinya, saya harus menganalisis datanya satu-satu. Hadeuh... Ya Allah.. Pusing.

Ah, tidak apa-apa lah. Yang harus saya lakukan adalah giat bekerja. Kalo kita giat dan tekun, nanti juga selesai.

Lagipula, selalu ada kemudahan setelah kesusahan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiada kesan tanpa komentarmu :)