Sabtu, 11 Agustus 2012

Cuit-cuit Liburan: H-1


MAN Insan Cendekia Gorontalo, sebuah sekolah Islam berasrama rintisan BJ Habibie. Terletak di Desa Moutong, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Meski begitu, sarana belajar di sekolah yang sering dijuluki penjara suci oleh siswanya itu, lumayan lengkap. Secara, berstandar internasional :)

Civitas MAN Insan Cendekia Gorontalo, baru libur seminggu sebelum lebaran hingga dua minggu sesudah lebaran. Tiga minggu awal Ramadhan, siswa-siswinya masih sibuk belajar. Heuh, sekolah di sana benar-benar penuh cobaan.

Maka wajarlah, liburan menjadi saat paling ditunggu oleh siswa-siswi Cendekia :) Sayangnya, perjalanan menuju saat-saat membahagiakan itu masih harus melewati jalan berliku. Libur dimulai pada 11 Agustus ba'da Dzuhur. Tapi dari jam 07:00 sampai 09:20 tanggal 11 Agustus, siswa-siswi Cendekia masih harus mengikuti pelajaran. What! Yang benar saja?! Yah, begitulah..



H-1. Hari Jumat, 10 Agustus.
Hari ini, ada ulangan Sejarah Kebudayaan Islam se-angkatan. Materi Kemunduran Abbasiyah dan Tiga Kerajaan Islam. Ya Allah.. Materinya berlembar-lembar, banyak nama tokoh, tempat, peristiwa.. Hadeuh.. Mana kelas saya jam pertama lagi..

Terus, setelah kultum Subuh, sebuah pengumuman yang menggemparkan dikumandangkan. Hari ini, setoran ayat dan hadits materi Balasan Dakwah pelajaran Alquran Hadits ditagih. Huwaa! Yang benar saja.. Total ada tiga ayat dan satu hadits. Yang hadits dihapal sanad dan matannya sekalian. Huwaa..! Kelas saya jam kedua lagi.. Huwaa.. Kami seangkatan panik. Super duper panik.

Umi, Ustadz, besok libur. Kenapa memberi cobaan segini berat? Ya Allah.. Saya galau, teman saya galau, kami seangkatan galau.

Bismillah.. Saya awali hari yang sepertinya akan sangat berat itu.
Ulangan SKI, 7 soal essai. Saya hanya bisa jawab 5 dari 7.
Setoran Qurdist. Saya cuma bisa nyetor 2 ayat dari total 3 ayat 1 hadits. Untunglah, kami diberi keringanan..

Jam ketiga, Bahasa Indonesia. Refreshing dengan menyanyikan lagu Kisah Kasih di Sekolah plus nonton Eat, Pray, Love. Makasih, Umi :) Sangat membantu menetralisir kestresan kami.

Akhirnya, malam tiba. Saatnya packing :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiada kesan tanpa komentarmu :)